kumpulan catatan

 

berikut ini ada beberapa ciri-ciri orang yang ber-EQ rendah dan semoga kita dapat

menghindari sifat ini sehingga kita dapat melaju sukses dalam kehidupan.

Ciri-ciri EQ rendah :

 

1. Cenderung egois, berorientasi pada kepentingan sendiri dan kepuasan pribadi

terkadang merasa puas bila mampu menghina atau mengalahkan orang lain.

semakin bingung, semakin panik orang lain semakin senanglah ia. Orang-orang

seperti ini biasanya menciptakan rasa kemenangan dengan membuat penderitaan

atau kesulitan orang lain.

 

2. Pendengar yang buruk, lebih suka berbicara, senangnya interupsi dan sangat

menyukai perdebatan, baginya saya selalu benar. padahal Tuhan telah

mengaruniakan kita satu mulut dan dua telinga sebagai bukti kalau kita

diperintahkan untuk lebih banyak mendengar.

 

3. Negatif di mata orang banyak, biasanya orang yang ber EQ rendah memiliki

penilaian negatif di lingkungan sekitarnya, hampir setiap orang tidak

menyukainya.

 

4. Melihat masalah dari pikiran, bukan perasaan, biasanya mereka terlalu kaku

dalam menegakkan aturan, banyak hal yang tidak prinsipil dibahas terlalu detail

sehingga menimbulkan konflik yang tidak perlu.

 

5. Merasa tidak aman dan sulit menerima kesalahan diri, sulit meminta maaf

secara tulus sebaliknya sulit menerima keberhasilan orang lain.

 

untuk meningkatkan EQ (Kecerdasan Emosional) itu sendiri jelas cara yang paling bagus ialah menahan diri ataupun seperti berikut

 

1. Kemampuan seseorang

 

a. Mengetahui bagaimana memaafkan orang lain.

b. Berpikir lebih dalam sudut pandang yang berlainan.

c. Menerima pendapat orang lain.

d. Menyadari perasaan orang lain.

e. Bersahabat dengan org secara tulus.

f. Hargai dan pikirkan orang lain secara lebih.

g. Bukalah dirimu.

h. Jadilah sopan.

 

2. Kemampuan mengendalikan perasaan

 

a. Carilah teman yang baik ketika loe sedang tidak “happy”.

b. Dengar musik ato lagu favoritmu.

c. Lemparlah bantal atau nangislah untuk mengungkapkan dirimu.

d. Teriaklah kencang-kencang tentang keluhanmu ketika tidak ada orang.

 

3. Waspada diri

 

a. Tanyalah temanmu akan sisi baik dan sisi burukmu.

b. Koreksi diri secara terus menerus supaya tahu apakah ada kemajuan.

 

4. Ketegasan

 

a. Berpikirlah lebih dalam sudut pandang yang berbeda.

b. Menyadari perasaan orang lain.

c. Menerima perbedaan pendapat dan metode/cara.

 

5. Motivasi Diri

 

a. Lebih banyak membuka dirimu.

b. Jadilah “happy”.

c. Punya keyakinan akan masa depan.

d. Percaya pada diri sendiri bahwa loe punya kemampuan memecahkan masalah.

e. Ingatlah selalu tujuan hidup setiap hari.

f. Mintalah dirimu secara terus menerus untuk membayangkan kebahagiaan dari sukses.

g. Berilah dirimu beberapa hadiah sebagai pemicu semangat.

 

 Air,kopi,bir dan teh

Kopi : “Janganlah kamu meremehkan secangkir kopi kecil seperti saya. Hargaku cukup mahal. Orang yang minum saya mendapatkan hasil menakjubkan. Jiwa mereka jadi enteng dan rasa lelah pun akan hilang sehingga tidak lagi ngantuk”

Bir : “Mana bisa kopi dibandingkan dengan air seperti saya. Bir adalah minuman terbaik di dunia. Setelah minum, orang akan menjadi bersahabat dan romantis. Selain itu, bir lebih mahal dari kopi, bisa 8x lipat dari harga kopi. Belum termasuk tip lho!”

Kopi : “Oke.. Walaupun saya bukan yang terbaik, saya lebih baik dari yang lain. Paling tidak saya harus bertanya kepada segelas air jernih untuk lebih meyakinkan. Ia hanya minuman gratis di meja ini. Ia tidak berharga sama sekali. Haha.. Menggelikan!”

Air jernih : ” Jangan memandang rendah saya. Walaupun saya lebih tak berharga dibanding kalian dalam restoran ini, di gurun pasir saya adalah minuman yang paling menyenangkan”

 

 

Teh : “Air jernih masuk akal. Ijinkanlah saya, Merk Special teh Oo Long memberikan penjelasan. Di dunia ini, tidak ada perbedaan nyata atas segala sesuatu yang berharga. Segalanya berharga dan indah apa adanya. Dalam batas-batas nilai uang, teh yang bagus, seperti diriku berharga Rp.50.000.-/ons. Saya tidaklah lebih murah dari kalian berdua. Banyak orang tak peduli pada kopi dan bir, tapi mempunyai minat khusus pada diriku. Dalam menulis dan berpikir, secangkir kopi adalah teman yang baik. Saat bergaul dan perayaan, segelas bir yang baik akan terasa begitu menyenangkan. Dan untuk menghilangkan haus dan menambah cairan tubuh, air jernih adalah yang penting sebagai penyelamat hidup. Maka itu, segala sesuatu di dunia ini memiliki kualitas unik masing-masing. Tak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain. Bila kamu air, perankanlah air sebaik-baiknya. Bila kamu kopi, perankanlah kopi sebaik-baiknya”

Segala sesuatu adalah diri sendiri, tak perlu memutuskan baik vs buruk. Jika kamu adalah segelas air jernih, jangan merasa rendah diri. Air mempunyai artinya sendiri ….

tips ortu ke anak

1. Saat pulang sekolah tanyakan “hai sayang, apa yang menyenangkan hari ini disekolah?” Otomatis otak anak akan mencari hal-hal yang menyenangkan disekolah dan ini secara tidak langsung akan memberitahu sang anak bahwa sekolah adalah tempat yang menyenangkan.

2. Saat anak tidur (Hypnosleep), katakan “makin hari, belajar makin menyenangkan”, “sama halnya dengan bermain, belajar juga sangat menyenangkan”, “mudah sekali bagimu untuk belajar (berhitung, menghafal dll)”.

3. Jelaskan manfaat dari pelajaran yang sedang dipelajari (sesuai dengan minat anak tersebut) misal: dengan mempelajari perkalian, maka saat liburan naik kelas nanti nanti kamu bisa menghitung berapa harga barang yang akan kamu beli di Singapore dan kamu bisa membandingkannya dengan harga di Indonesia. Jika kamu menguasai conversation dalam bahasa inggris maka kamu akan sangat mudah berkomunikasi dengan pelatih sepak bolamu yang dari Thailand.

4. Mintalah guru les pelajarannya (jika ada), sering-sering mengatakan bahwa anak kita adalah anak yang hebat dan luar biasa. Pujian yang tulus dan memompa semangatnya jauh lebih penting dari pada mengajarkan tehnik-tehnik berhitung dan menghafal  yang cepat. Mintalah bantuan orang-orang sekitar termasuk guru untuk meningkatkan harga diri anak kita.

5. Jika anak kita masih kecil dan masih suka dibacakan dongeng, bacakan dongeng dengan posisi memangku dia (dengan posisi yang nyaman, serta memudahkan kita orangtua untuk memberikan ciuman kasih sayang atau pelukan sayang) tujuannya agar anak mengkaitkan membaca buku dengan rasa cinta dari orangtua dan buku adalah hal yang sangat menyenangkan.

6. Gunakan surat rahasia dari orangtua kepada anak, kita bisa berkata “nak, Ibu telah meletakan surat rahasia buat kamu. Cuma kamu dan ibu yang tahu isinya. Ibu letakan dibawah bantal tidurmu, bacalah setelah makan ya”. Isinya bisa berupa kata-kata yang menyemangati anak dalam kegiatan belajar dan sekolahnya.

Cara Mengontrol Diri Setelah Putus Cinta

Perasaan yang bercampur antara sedih, marah dan kesepian mungkin kerap dialami ketika jalinan hubungan asmara kandas. Dalam keadaan ini, wanita mungkin juga ingin meluapkan emosi dengan memaki, memukul atau menangis depan sang mantan.

 

Tidak ada gunanya bersikap emosional seperti itu ketika Anda telah mengetahui akar permasalahannya dan telah sama-sama setuju untuk berpisah. Ada beberapa cara untuk mengontrol diri Anda setelah putus cinta, seperti yang dilansir Thirdage.

 

1. ‘Nikmati’ Kesedihan Anda

Sedih, kecewa dan marah pasti bercampur aduk menjadi satu. Ikuti saja perasaan ini. Jangan berusaha menahan semua perasaan duka, karena malah menyakiti diri Anda sendiri. Menangislah jika ingin menangis. Ini cara untuk mengeluarkan beban yang ada di dalam hati Anda.

 

2. Curhat pada Teman

Jangan dipendam sendiri. Berceritalah pada sahabat, apa yang Anda rasakan. Tentu dalam masa galau setelah putus cinta, Anda butuh hiburan dari orang lain. Dengan bertemu teman, sedikit demi sedikit Anda bisa kembali ceria.

 

3. Menulis

Menerjemahkan lewat tulisan bisa menjadi cara untuk mengekspresikan perasaan. Ini bisa membuat Anda lebih lega karena telah menumpahkan kesedihan dan kemarahan.

 

4. Tuliskan Hal Negatif dari Mantan

Tuliskan sikap dan sifatnya yang Anda tidak suka. Ini akan mengingatkan bahwa Anda pantas mendapatkan yang terbaik dan menyadarkan Anda bahwa perpisahan merupakan jalan terbaik.

 

5. Tuliskan Kelebihan Anda

Setelah menuliskan hal negatif tentangnya, jabarkan kelebihan-kelebihan Anda. Dengan begini, Anda menjadi lebih percaya diri. Karena dalam masa putus cinta dan patah hati, tak jarang wanita menjadi rendah diri.

 

6. Singkirkan Barang-barang Pemberiannya

Foto berdua dengannya yang masih terpajang di meja kerja atau parfum dari si mantan mungkin bisa mengingatkan kenangan tentangnya. Agar Anda tidak kembali sedih dan terus mengingat mantan kekasih, singkirkan semua hal yang berkaitan dengannya.

A Cara Menyembuhkan Sakit Hati Ketika Cinta Ditolak

SUSAH payah mengumpulkan keberanian “nembak” si dia, cinta Anda ditolak! Istilah “cinta ditolak dukun bertindak” menjadi cukup akrab di telinga, sebab tidak ada orang yang senang dicampakkan.

 

Penolakan cinta memang menyesakkan. Namun, jangan biarkan penolakan cinta membuat Anda frustasi. Ada baiknya Anda tetap berbesar hati dan mengatasi kesedihan dengan trik seperti berikut.

 

1. Jangan menyalahkan diri

Berhenti menyalahkan diri sendiri. Tidak ada satupun hal yang salah dari Anda. Rileks saja, ini berarti Anda dan dia tidak berjodoh.

 

2. Tetap bersenang-senang

Paksakan diri Anda untuk bangun dari keterpurukan dan kembali menikmati waktu menyenangkan bersama teman-teman. Mulai dari makan malam bersama, ke night club, hang out, atau apapun yang akan membuat Anda tersenyum lagi.

 

3. Hindari perasaan terobsesi

Sebaiknya hindari membuang-buang waktu mengirimi gebetan pesan singkat, email, atau mengintip akun Facebook dia. Lebih baik, bebaskan pikiran Anda tentang kenangan bersamanya dengan berjalan-jalan, ngegym, atau berbelanja.

 

4. Move on

Sadari bahwa saat cinta ditolak, bukanlah akhir dunia. Lambat laun Anda akan melupakannya. Rasa sakit yang ditimbulkan tidak akan berpengaruh cukup lama. Mungkin tidak mudah pada awalnya, tapi sekarang adalah waktu paling tepat untuk tidak lagi menengok ke belakang.

 

5 Cara Memperbaiki Masalah dalam Hubungan Asmara

Menjalin hubungan memang tidak selamanya akan berjalan mulus, selalu butuh usaha dan pengertian. Ketika hubungan tersebut tidak berjalan dengan baik, tentunya Anda akan kesulitan untuk mengetahui apa masalah dan penyebabnya. Terkadang Anda juga ikut kebingungan untuk mengatasinya. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah yang terjadi dalam hubungan asmara yang benar? Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki hubungan yang sedang bermasalah. Tentunya cara ini harus dilakukan dengan sifat yang dewasa dan jiwa yang tenang. Apa saja itu? Berikut jawabannya.

1. Mengidentifikasi Masalah Langkah yang pertama yang Anda lakukan adalah mengidentifikasi masalah. Berusahalah untuk mencari akar permasalahan yang menjadi penyebab Anda dan kekasih atau pasangan bertengkar. Jika sulit, coba tanyakan langsung pada kekasih apa yang membuatnya kesal dengan Anda.

2. Komunikasi Jika Anda dan si dia sedang bertengkar, jangan sekali-kali melakukan aksi bungkam satu dengan lainnya. Hal itu hanya akan memperpanjang masalah. Usahakan selalu berkomunikasi secara baik dengan pasangan meski sedang bertengkar. Jangan gunakan emosi Anda saat berkomunikasi dengannya, bicaralah secara halus dan berundinglah untuk mendapatkan solusi yang tepat.

3. Berpikir Sebelum Berbicara Setelah berusaha untuk menjalin komunikasi, pikirkan kata-kata Anda sebelum Anda keluarkan. Meskipun terkadang apa yang Anda maksud merupakan sebuah kejujuran, namun dapat melukai pasangan. Untuk itu ketika membahas suatu masalah gunakanlah kata-kata yang pantas dan tidak memberatkan satu pihak saja.

4. Jangan Gunakan Media Sosial untuk Publikasikan Masalah Anda. Tidak sedikit pasangan saat ini yang mengumbar pertengkaran mereka di Facebook atau Twitter. Menulis status yang menyindir, memaki atau mem-blocknya sering dilakukan sebagai ungkapan kekesalan. Padahal, selain orang yang membacanya merasa risih dan tidak nyaman, kekasih Anda pun bisa jadi makin kesal dengan tindakan Anda tersebut. Karena itu, hindarilah hal itu jika ingin masalah dalam hubungan Anda selesai.

5. Kompromi Setelah melakukan beberapa hal di atas, hal terakhir yang harus Anda lakukan adalah kompromi. Berilah pasangan kesempatan untuk berusaha memahami Anda, dan Anda cobalah untuk memahami apa kemauannya. Jika Anda ingin masalah Anda dengan pasangan segera selesai maka Anda dan pasangan harus berkompromi satu sama lain dengan cara memaafkan kesalahan masing-masing.

Aku bertanya kepada Allah

Aku bertanya kepada Allah Yang Maha Kaya, mengapa aku tidak kaya…

Lalu Allah menunjukkan seorang pria dengan banyak harta, tetapi hidup kesepian, dan tidak memiliki siapapun untuk berbagi.

 

 

Aku bertanya kepada Allah Yang Maha Pencipta, mengapa aku tidak cantik…

Lalu Allah menunjukkan seorang wanita dengan kecantikan yang melebihi lainnya, tetapi memiliki karakter yang buruk.

 

 

Aku bertanya kepada Allah Yang Menguasai Waktu, mengapa Ia membiarkan aku menjadi tua…

Lalu Allah menunjukkan seorang anak laki-laki berusia 10 tahun sedang terbujur kaku, meninggal karena kecelakaan mobil.

 

 

Aku bertanya kepada Allah Yang Maha Kuasa, mengapa aku tidak memiliki rumah besar…

Lalu Allah menunjukkan sebuah keluarga yang baru saja diusir dari rumah yang kecil sesak dan terpaksa tinggal dijalanan karena digusur aparat.

 

 

Aku bertanya kepada Allah Yang Maha Esa, mengapa aku harus bekerja…

Lalu Allah menunjukkan seorang pria, yang tidak bisa menemukan satu pekerjaan pun, karena tidak memiliki kesempatan untuk belajar membaca.

 

 

Aku bertanya kepada Allah Yang Maha Bijaksana, mengapa aku tidak menjadi orang terkenal…

Lalu Allah menunjukkan seseorang yang terkenal dan memiliki banyak sahabat, tetapi semuanya pergi ketika orang itu tidak memiliki harta lagi.

 

 

Aku bertanya kepada Allah Yang Maha Tahu, mengapa aku tidak pintar…

Lalu Allah menunjukkan seorang yang terlahir jenius, tetapi dipenjara karena menyalahgunakan kepintarannya untuk kejahatan.

 

 

Aku bertanya kepada Allah, mengapa Ia begitu sabar dengan orang yang tidak bisa bersyukur seperti aku…

 

 

Dia lalu menunjukkan Semua kasih sayangnya dengan udara yang gratis, hangatnya sinar matahari yang menyehatkan tubuh, air mengalir yang menyegarkan, dan senyum anak-anak yang ikhlas.

 

 

Aku tahu sekarang betapa besar Ia mengasihiku…Dan itu cukup bagiku

 

 

“Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu mengumumkan: “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. “ (QS. Ibrahim: 7)

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: